Sunday, December 31, 2017

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Timur

Ilustrasi penjelajahan bangsa barat untuk mencari dunia baru di Timur
Pernahkah dengar masa penjelajahan samudera? Yup, dalam sejarah bangsa-bangsa di dunia dikenal tentang penjelajahan samudera dengan tujuan menemukan dunia baru. Pencarian dunia baru ini dimotivasi oleh keinginan untuk survive, memenuhi kepuasan, dan mengejar kejayaan. Lalu, manakah yang dimaksud dunia baru tersebut? Yang dikenal sebagai dunia baru waktu itu adalah bagian dunia yang berada di timur (timur Eropa) sebagai penghasil rempah-rempah. Rempah-rempah sangat diincar oleh bangsa barat karena merupakan komoditas utama diperdagangan Eropa, dengan kata lain barang yang terlaris diperdagangan Eropa. Nah, salah satu penghasil rempah-rempah terbesar yaitu Kepulauan Nusantara, juga menjadi target mereka. Bangsa barat sering menyebutnya Tanah Hindia.

Mengapa bangsa barat harus mencari rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan samudera? Padahal rempah-rempah merupakan komoditi utama perdagangan mereka, berarti rempah rempah juga banyak bukan di Eropa? Hal ini dilatar belakangi oleh jatuhnya Konstantinopel ke Turki Ustmani pada tahun 1453. Hal ini menyebabkan akses bangsa barat untuk mendapatkan rempah-rempah yang murah di Laut Tengah tertutup. Oleh karena itu mereka mulai menjelajah ke timur. Portugis dan Spanyol melopori pencarian dunia baru, kemudian disusul Inggris dan Belanda. Namun tujuannya tidak semata mencari rempah-rempah saja. Tujuan mereka yaitu :

  1. Gold, yaitu memburu kekayaan dan kejayaan dengan mencari emas, perak dan bahan tambang serta bahan lain yang berharga. Waktu itu targetnya adalah Guinea dan rempah-rempah dari Timur.
  2. Glory, yaitu memburu kejayaan, kekuasaan, dan superioritas. Maksudnya mereka bermaksud menguasai tanah atau dunia baru yang mereka temukan.
  3. Gospel, yaitu menyebarkan agama yang dilatar belakangi pencarian Prester John yang diyakini sebagai Raja Kristen dari Timur.


Lalu, siapa saja yang melakukan penjelajahan samudera? Berikut tokoh-tokoh yang melakukan pencarian dunia baru.

  1. Cristhoper Colombus (Spanyol)
  2. Magelhaens/Magellan (Spanyol)
  3. Vasco da Gama (Portugis)
  4. Alfonso de Albuquerque (Portugis)
  5. Barents (Belanda)
  6. Cornelis de Houtman (Belanda)
  7. van Heemskerck (Belanda)
  8. Pilgrim Father (Inggris)


Nah, sekarang sudah paham kan mengapa bangsa barat pernah menguasai dan menjajah bangsa timur. Sekian dulu ya perjalanan waktu bareng Dewa Waktu, jangan lupa share ke temen-temenmu biar pada tau yaaa...  

2 comments

bangsa barat pengen mencicipi nasi padang kali :v wkwk http://www.maskopen.com/2017/04/tips-trik-fitur-tersembunyi-samsung-s8.html

Mantap jadi tau sejarahnya dan sebagai materi juga


EmoticonEmoticon