Friday, January 5, 2018

Sifat-Sifat Karakter Anime

Mungkin beberapa dari kita sering bertanya-tanya, apakah maksud dari Tsundere, Yandere, dan sebagainya. Kata-kata yang selalu mengikuti karakter anime ini memang bukan sekedar istilah. Kata-kata tersebut merupakan adjective atau kata sifat yang berasal dari kata dengan imbuhan 'dere'. Tentu saja kombinasi kata tersebut memiliki makna yang luas. Berikut ini penjelasan dari sifat-sifat dalam karakter anime hasil analisa Wibupedia.

Sifat-Sifat Karakter Anime by Wibupedia

Kategori Pertama

Pada sub-bab pertama, Wibupedia memberikan tiga sifat yaitu Tsundere, Yandere, dan Kuudere. Tiga sifat tersebut merupakan tiga sifat yang populer karena artinya masih dalam jangkauan yang luas.

1. Tsundere

Berasal dari frasa 'tsuntsun' yang berarti 'acuh' atau 'jutek'. Karakter ini merupakan karakter dengan sifat jutek dan cuek namun pada dasarnya memiliki sifat feminim yang tinggi. Biasanya karakter tsundere dijadikan sebagai heroin atau karakter utama wanita. Bukan tanpa alasan karena karakter tsundere hanya akan ditaklukkan oleh MC-nya.

Contoh : Aki Adagaki dari anime Masamune-kun no Revenge

2. Yandere

Karakter yang satu ini merupakan karakter yang memiliki kelainan jiwa. Mungkin dapat dikatakan demikian karena dia tidak memiliki sifat feminim sama sekali. Sifatnya justru seperti psikopat yang tidak memiliki perasaan. Dia memiliki luapan emosi yang berbeda dari manusia normal.

Contoh : Tokisaki Kurumi dari anime Date a Live

3. Kuudere

Kata 'kuu' sebenarnya berasal dari kata 'cool' yaitu dingin. Karakter yang satu ini memiliki watak pendiam, tertutup, dan dingin. Memang karakter seperti ini selalu membawa peran penting dalam setiap anime. Bahkan tidak jarang heroin yang disandingkan dengan karakter utama memiliki sifat ini dan biasanya akan sukses. Sukses dalam artian berhasil mendapat rating tinggi dimata publik karena berani memilih heroin dengan sifat kuudere.

Contoh : Shiina Mashiro dari anime Sakurasou no Pet na Kanojo, Tachibana Kanade dari anime Angel Beats, dan Yukino Yukinoshita dari anime Oregairu.

Kategori Kedua

Dalam kategori ini, biasanya sifat-sifat yang digunakan untuk mejelaskan sifat kategori pertama. Dengan kata lain merupakan sifat yang lebih spesifik dari sifat pertama, lawan dari sifat pertama, dan sifat pendukung dari sifat pertama. 

1. Yangire, sifat yang lebih tajam dari Yandere.
2. Dandere, sifat yang lebih tajam dari Kuudere.
3. Dorodere, lawan dari tsundere.
4. Goudere, sifat dimana karakter tersebut mengabdikan dirinya secara penuh terhadap sesuatu. Sifat ini sebagai pendukung sifat pertama.
5. 'Dere' lain, misalnya Gundere dari kata 'gun', Kamidere dari kata'kami', Himedere dari kata 'hime' dan masih banyak lagi.


EmoticonEmoticon