Thursday, February 8, 2018

Review Death Note

Review Death Note


Profile

  • [accordion]
    • Judul
      • Death Note
    • Genre 
      • Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller
    • Release 
      • Fall 2006
    • Episodes 
      •  37
    • Source 
      •  Manga
    • Status 
      • Finished Airing
    • Studios
      • Madhouse

Synopsis

Light Yagami, seorang siswa jenius yang mendadak berubah kehidupannya setelah menemukan sebuah buku terkutuk yang dijatuhkan oleh Shinigami. Buku tersebut yaitu "Death Note" memungkinkan untuk membunuh seseorang hanya dengan menulis namanya saja. Namun siapa sangka, Light Yagami ternyata bukan manusia biasa. Dia merupakan seorang siswa dengan pemikiran yang beigtu tinggi. Dia memutuskan untuk menciptakan dunia baru yaitu dunia ideal tanpa adanya kejahatan. Petualangannya memberantas kejahatan dan ambisinya menjadi seorang tuhan dia jalani dengan berbagai cara. Dia harus menghadapi orang-orang yang kuat yang berbeda pemikiran dengannya.

Review

Death Note merupakan yang layak mendapatkan posisi atas dan bersaing dengan anime-anime terbaik lainnya. Tentu saja hal ini dilihat dari segi story-line yang begitu menakjubkan. Memang anime yang diadaptasi dari manga dengan penjualan terbaik tentu sudah wajar jika dikatakan sukses juga untuk berbagai adaptasinya.

Dari segi story-line, Death Note berhasil membuat penonton terobrak abrik. Penonton dipaksa berfikir keras untuk memahami jalan ceritanya. Inti dari story-line sebenarnya adalah duel antara Light Yagami (Kira) melawan L (Ryuuzaki) yang kemudian dilanjutkan duel antara Light Yagami melawan Near dan Mello.

Ambisi Light Yagami menciptakan dunia ideal memang tujuan yang baik, namun cara yang dia gunakan yang tidak dapat diterima. Hal ini memancing kecaman dari kepolisian dan juga detektif terbaik sedunia, L. Pertarungan L melawan Kira memang begitu sengit, mereka sama-sama cerdiknya. Bahkan pertarungan mereka menguras 26 episode dari anime ini, dan diakhiri dengan kematian L alias kemenangan Light Yagami. Namun benarkah Light Yagami pemenangnya? Pada dasarnya L-lah yang memenangkan duel otak ini, akan tetapi karena kecerdasan yang dikolaborasikan dengan kelicikan, akhirnya Light Yagami berhasil membunuh L.


Kira vs L
Kira vs L
Kira vs L

Setelah kematian L, perlawanan Kira dilanjutkan oleh Near dan Mello. Memang kecerdasan mereka tidak sebanding L, akan tetapi kerjasama mereka berhasil mengungkapkan Light Yagami sebagai Kira. Pada akhirnya, tepatnya pada episode terakhir Light Yagami harus tewas setelah namanya ditulis dalam Death Note milik Ryuk (Shinigami).

Kira vs Near
Light Yagami Death
Light Yagami Death

Tentu saja bukan ending yang diinginkan. Memang sulit menerima seorang tokoh utama yang kalah dalam suatu perang. Namun bukan itu yang dimaksud dari pengarang. Menurut analisa Wibupedia, dilihat dari story-line pengarang bermaksud menyampaikan pesan tersirat disini. Pesan tersebut diantaranya :

  1. Manusia akan tenggelam dalam ambisinya.
  2. Satu hal yang tidak dapat dicapai manusia, ketidak mungkinan.
  3. Dunia selalu berputar dan siklus antagonis selalu ada, dimana ada kebaikan disitu juga ada kebusukan.
  4. Dunia tercipta oleh kebusukan, bahkan untuk mencapai kebaikan pasti didahului kebusukan.
  5. Manusia terikat oleh takdir, sekuat apapun ambisi dan tekad tidak akan pernah bisa melawan takdir.

Mengapa Death Note memiliki rating yang tinggi dimata publik? Alasannya karena dari segi story-line yang sudah disebut sebelumnya. Anime ini memberikan penonton hiburan otak dimana tokoh utama menghadapi lawannya dengan berbagai strategi yang begitu epic dan tidak terduga. Alasan berikutnya masih dari segi story-line dimana anime ini memberikan moral value yang begitu realistik, dimana ambisi busuk seorang manusia yang berujung maut pada dirinya sendiri. Anime dengan banyak pesan-pesan tersirat kepada penontonnya yang membuat hati penonton merinding dan terkesima akan jalan ceritanya.


EmoticonEmoticon